Lagi Bosen Skripsian? Ini Dia 5 Tempat yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Skripsian!

Lagi Bosen Skripsian? Ini Dia 5 Tempat yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Skripsian!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Masa skripsi bisa menjadi periode yang challenging. Keberhasilan menyelesaikan skripsi bukan hanya bergantung pada kepintaran seseorang, tetapi juga pada lingkungan di mana kamu mengerjakan skripsi. Walaupun kamu sangat pintar, tetapi kalau kamu tidak memiliki motivasi yang kuat untuk mengerjakan skripsi, skripsi kamu nggak akan selesai. Nah, salah satu yang dapat memotivasi kamu mengerjakan skripsi adalah memilih tempat yang membuatmu nyaman. Memilih tempat yang tepat sebagai tempat skripsian dapat mengurangi stress, menjaga kesehatan mental, dan juga meningkatkan produktivitas kamu dalam mengerjakan skripsi.

Setiap orang memiliki preferensi tempat mengerjakan skripsi yang berbeda-beda. Ada yang nyaman untuk menulis di tempat yang tenang dan hening, seperti di kamar atau di perpustakaan. Namun, ada juga yang justru merasa semangat jika berada di tempat yang cukup ramai, seperti kafe atau taman. Nah, jalan-jalan.com akan kasih kamu 5 rekomendasi tempat yang bisa kamu jadikan tempat skripsian. Simak tips di bawah, ya!

1. Perpustakaan Universitas

Perpustakaan Teknik UGM (Sumber: Flickr)

Perpustakaan universitas biasanya dijadikan salah satu tempat untuk mengerjakan skripsi oleh mahasiswa karena tenang dan dilengkapi oleh bahan bacaan yang dibutuhkan, seperti buku, skripsi, dan jurnal. Hal tersebut memudahkan mahasiswa untuk mencari referensi bahan bacaan untuk menjadi sumber menulis skripsi.

Bagi sebagian mahasiswa, perpustakaan merupakan tempat mereka bisa menemukan ketenangan. Perpustakaan universitas juga bisa menyajikan lingkungan yang mendukung kreativitas dan inspirasi, misalnya dengan adanya jendela-jendela yang besar, taman kecil, dan bangku taman yang bisa menciptakan tempat yang nyaman untuk skripsian.

2. Kafe

Estuary Coffee di Yogyakarta (Instagram: @estuary.id)

Beberapa orang bisa sangat produktif mengerjakan skripsi di kafe karena suasana baru dapat meningkatkan kreativitas mereka. Kafe sering memiliki dekorasi yang unik, pencahayaan yang hangat, dan musik yang lembut. Selain itu, kafe sering menjadi tempat berkumpul bagi beberapa orang dengan kegiatan yang berbeda-beda. Keberagaman suasana ini bisa membangkitkan semangat kamu dan membantu kamu menghindari kejenuhan.

Ketika kamu memesan kopi di kafe, kafein yang kamu konsumsi dari secangkir kopi mampu meningkatkan fokus dan produktif selama skripsian. Selain itu, bagi beberapa orang, menciptakan rutinitas bekerja di kafe dapat membantu mengatur waktu dan meningkatkan kedisiplinan.

3. Kamar

Ilustrasi Kamar (Sumber: Shutterstock)

Kamar tidur, rumah, atau ruangan pribadi bisa menjadi tempat yang nyaman dan bebas gangguan untuk fokus menulis skripsi. Kalau kamu tipe orang yang harus menulis tanpa ada gangguan apa pun dan tanpa mengobrol dengan siapa pun, kamar adalah tempat yang tepat untuk menulis skripsi.

Bagi beberapa orang, kamar sering dianggap sebagai tempat paling nyaman karena kamar merupakan ruang pribadi. Adanya kenyamanan ini dapat membantu mengurangi stress dan membuat proses skripsian lebih produktif. Selain itu, skripsian di kamar juga memberikan fleksibelitas waktu untuk bekerja sesuai dengan keinginan kamu. Hal ini dapat menciptakan waktu mengerjakan skripsi yang efisien. Selain itu, dengan skripsian di kamar, kamu nggak perlu berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang membuat kamu menghemat waktu dan energi yang bisa saja terbuang di perjalanan.

4. Taman

Ilustrasi Membaca di Taman (Sumber: Pixabay)

Taman merupakan fasilitas publik yang diminati oleh masyarakat. Kamu bisa mendapatkan suasana terbuka dan udara segar yang mampu memberikan suasana yang menyegarkan dan membantu merilekskan pikiran. Hal ini bisa membantu kamu untuk menulis skripsi tanpa merasa stress. Selain itu, ada banyak fasilitas di taman yang bisa kamu jadikan hiburan, seperti playground, jogging track, dan lainnya.

5. Ruang Co-Working

Ilustrasi Co-Working Space (Sumber: pngtree)

Ruang kerja bersama atau co-working space menyediakan lingkungan kerja yang profesional dan dapat meningkatkan produktivitas.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat