⁠Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Bulan Puasa!

⁠Tempat Wisata yang Cocok Dikunjungi Saat Bulan Puasa!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat muslim. Bulan Ramadhan dapat dijalankan dengan lebih menyenangkan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata. Dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di bulan Ramadhan, puasa akan terasa semakin ringan. Kali ini, jalan-jalan.com akan merekomendasikan kamu tempat-tempat wisata yang cocok dikunjungi saat bulan puasa!

1. Pasar Ramadhan

Ilustrasi Pasar Ramadhan (Sumber: Shutterstock)

Pasar Ramadhan menjadi daya tarik tersendiri selama bulan puasa. Kamu bisa menikmati beragam kuliner sebagai menu buka puasa, membeli oleh-oleh, dan merasakan suasana penuh kehangatan di Bulan Ramadhan. Kamu juga bisa ke pasar ramadhan sambil ngabuburit, lho! Pasar Ramadhan juga bisa kamu kunjungi setelah shalat tarawih.

Pasar Ramadhan seolah menjadi surga untuk pecinta kuliner! Kamu bisa menemukan banyak hidangan khas Ramadhan, seperti ketupat, opor ayam, sate, kolak, dan aneka kue kering. Suasana di pasar Ramadhan sangat ramai dan penuh cinta, dipenuhi oleh rasa gembira orang-orang yang menunggu datangnya buka puasa. Di pasar Ramadhan, kamu juga bisa menemukan banyak barang unik, seperti pakaian, aksesori, hingga pernak-pernik.

Pasar Ramadhan juga bisa menjadi tempat untuk berbagai kegiatan sosial budaya, seperti pertunjukan seni, musik, hingga ceramah keagamaan. Beberapa pasar Ramadhan menjadi tempat untuk kegiatan beramal dan sosial. Misalnya, kamu bisa menemukan stan amal atau penggalangan dana untuk membantu sesama yang membutuhkan.

2. Pantai atau Danau

Ilustrasi Piknik di Tepi Danau (Sumber: Flickr)

Ngabuburit di pantai atau danau bisa jadi ide yang seru di bulan Ramadhan! Kamu bisa menikmati matahari terbenam sambil menunggu buka puasa. Selain itu, kamu bisa menikmati berbagai kegiatan rekreasi, seperti berjalan-jalan di sepanjang pantai, bersepeda, atau piknik di sekitar danau. Selain itu, berbuka puasa di pinggir pantai atau danau dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

3. Taman Wisata atau Kebun Raya

Kebun Raya Bogor (Sumber: Shutterstock)

Taman atau kebun raya bisa menawarkan tempat wisata yang tenang untuk berpikir dan merenung selama bulan puasa. Beberapa tempat bahkan mengadakan kegiatan khusus di malam hari.

Taman wisata atau kebun raya juga bisa dijadikan tempat yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga. Kamu bisa menjelajahi kebun bersama-sama, bermain bersama anak-anak, atau sekadar duduk-duduk menikmati keindahan alam sambil menunggu berbuka puasa.

4. Wisata Religius

Taj UI Masjid (Sumber: Pngtree)

Kamu bisa berwisata ke tempat-tempat religius seperti masjid-masjid bersejarah. Selain untuk menunaikan ibadah, kamu juga bisa belajar banyak tentang sejarah masjid tersebut. Kamu jadi bisa menambah pengetahuan sejarah perkembangan Islam. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplorasi desain-desain dari berbagai masjid bersejarah.

Selain itu, kamu juga bisa menjalankan shalat tarawih di masjid bersejarah. Banyak masjid mengadakan kegiatan tarawih, membaca Al-Qur'an bersama, dan suasana malam yang dipenuhi dengan kegiatan keagamaan.

Beberapa masjid bahkan mengadakan tradisi makan sahur atau berbuka puasa bersama di lingkungan masjid. Ini menjadi momen kebersamaan yang istimewa di bulan Ramadhan.

5. Museum

Ilustrasi Museum (Sumber: Shutterstock)

Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi selama Bulan Ramadhan adalah museum. Museum merupakan tempat yang kaya akan kebudayaan dan sejarah. Selama bulan Ramadhan, mengunjungi museum dapat menjadi pengalaman pendidikan yang mendalam untuk memahami warisan budaya dan sejarah suatu tempat.

Banyak museum seni dan galeri seni yang menawarkan pameran menarik. Selama bulan Ramadhan, kamu bisa menjelajahi keindahan seni dan mendapatkan inspirasi dari karya-karya yang dipamerkan. Beberapa museum mungkin menyelenggarakan kegiatan khusus selama bulan Ramadhan, seperti pameran khusus, lokakarya seni, atau pertunjukan yang dapat menambah pengalaman kamu.

Pastikan untuk memeriksa jadwal dan jam buka museum sebelumnya karena beberapa museum mungkin memiliki jam operasional yang berbeda selama bulan Ramadhan.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat