Lagi Banyak Konser, Mulai dari Konser K-Pop hingga The Eras Tour. Ini Dia Tips Menabung untuk Nonton Konser!

Lagi Banyak Konser, Mulai dari Konser K-Pop hingga The Eras Tour. Ini Dia Tips Menabung untuk Nonton Konser!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Sudah memasuki tahun 2024, ada banyak konser yang diadakan oleh musisi Korea, Jepang, Amerika, hingga musisi lokal internasional. Pada tahun 2024 ini, terdapat Big Bang Festival, The 38th Golden Disc Awards, NCT 127 3rd World Tour: The Unity, Asia Tour 2023--2024: Yoasobi Live in Jakarta, Louis Tomlinson: Faith in the Future World Tour 2024, Ed Sheeran (Mathematics Tour), IU H.E.R World Tour, Niall Horan: The Show Live on Tour Asia 2024, IVE The First World Tour: Show What I Have, Bruno Mars, dan banyak konser-konser lainnya lagi. Konser mana, nih, yang paling pengin kamu tonton? Tentunya, masalah utama ketika menonton konser adalah biaya. Nah, tapi kamu jangan khawatir karena Jalan-Jalan.com akan kasih kamu tips menabung untuk nonton konser musisi kesukaan kamu. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Tentukan Tujuan dan Anggaran

Tentukan tujuan tabungan kamu secara spesifik, termasuk berapa banyak uang yang perlu kamu kumpulkan untuk tiket konser, akomodasi, dan biaya lainnya. Buat anggaran yang realistis supaya kamu tahu seberapa banyak uang yang harus kumpulkan.

2. Hitung Biaya Total

Perkirakan semua biaya yang terkait dengan konser, seperti tiket, transportasi, hotel, makanan, outfit, aksesoris, dan barang-barang lain yang mungkin kamu butuhkan. Ini akan memberikan kamu gambaran lengkap tentang sebanyak apa uang yang perlu kamu tabung. Selanjutnya, kamu buat rencana tabungan dengan menentukan seberapa banyak kamu perlu menyisihkan uang setiap bulannya. Pisahkan jumlah tersebut dari pendapatan kamu per bulan supaya kamu nggak pakai uang itu untuk keperluan lain.

3. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Buka rekening tabungan khusus untuk tujuan konser. Ini membantu kamu memisahkan antara uang tabungan untuk konser, kebutuhan sehari-hari, tabungan lainnya, dan pengeluaran tak terduga. Dengan itu, uang kamu akan tersimpan lebih aman.

4. Automatisasi Tabungan

Automatisasi proses tabungan dengan mengatur transfer otomatis dari rekening gaji atau rekening utama kamu ke rekening tabungan konser setiap bulan. Hal ini memastikan konsistensi dalam menabung.

5. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Tinjau keuangan kamu dan kurangi pengeluaranmu yang kurang penting. Kurangi pengeluaran kamu untuk sementara waktu dan sisihkan uang tersebut untuk menabung, seperti makan di kafe, belanja barang mewah, atau langganan yang tidak perlu. Batasi kegiatan rekreasi yang memerlukan pengeluaran besar, seperti travelling mahal. Kamu bisa cari alternatif yang lebih terjangkau.

6. Jual Barang yang Nggak Terpakai

Cari barang-barang yang tidak terpakai atau tidak diperlukan lagi dan pertimbangkan untuk menjualnya. Uang tersebut bisa ditambahkan ke rekening tabungan konser.

7. Simpan Uang Tunai

Batasi penggunaan kartu kredit, debit, atau QRIS. Kamu bisa melakukan pembayaran tunai untuk dapat membantu kamu lebih sadar terhadap seberapa banyak uang yang kamu keluarkan.

8. Pertimbangkan Keperluan vs. Keinginan

Untuk memiliki lebih dana untuk menabung, kamu bisa memisahkan antara keperluan dan keinginan. Pertimbangkan apakah itu kebutuhan yang mendesak atau hanya keinginan.

9. Jangan Memaksakan Diri

Menonton konser memang idaman para penggemar, tetapi jangan sampai menggunakan kartu kredit atau berhutang untuk keperluan konser karena utang dapat memberatkan keuangan kamu di masa depan. Jangan sampai juga kamu mengabaikan keperluan dasar, seperti makanan, tempat tinggal, dan tagihan rutin tetap menjadi prioritas utama kamu. Jangan mengorbankan kestabilan finansial kamu demi keinginan.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat