Buku Ancika Cetak Ulang Lagi, Ini Dia Tempat Ikonik Dilan di Bandung

Buku Ancika Cetak Ulang Lagi, Ini Dia Tempat Ikonik Dilan di Bandung

Smallest Font
Largest Font

Informasi Cetak Ulang Ancika yang ke-10 (Instagram: @pastelbooks.id)

Jalan-Jalan.com - Pada 3 Maret 2024, melalui unggahan di Instagramnya, Pastel Books, penerbit novel Ancika, buku keempat Dilan Universe mengumumkan bahwa buku Ancika telah dicetak ulang untuk ke-10 kalinya. Selain itu, novel Ancika telah difilmkan oleh MD Pictures dan ditonton oleh banyak orang di bioskop. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme pecinta buku Dilan masih sangat tinggi sejak awal peluncuran buku pertamanya. Bagaimana tidak? "Dilan Universe" merupakan salah satu cerita remaja terbesar di Indonesia.

"Dilan Universe" mengacu pada serangkaian kisah dan karya yang terkait dengan karakter Dilan, tokoh utama dalam seri novel karya Pidi Baiq yang berjudul Dilan 1990, Dilan 1991, Milea, dan Ancika. Novel Dilan 1990 menceritakan tentang seorang siswa SMA yang penuh kejutan dan unik bernama Dilan dan seorang siswi baru bernama Milea yang terjadi di tahun 1990. Kesuksesan novel Dilan 1990 berlanjut ketika novel ini diadaptasi menjadi film yang disutradai oleh Pidi Baiq dan Fajar Bustomi pada tahun 2018 dengan judul yang sama, yaitu Dilan 1990. Film Dilan 1990 diikuti dengan sekuel berjudul Dilan 1991 yang menceritakan kisah Dilan dan Milea setelah berpacaran.

Keberhasilannya menunjukkan daya tarik yang kuat dari kisah cinta Dilan dan Milea yang menunjukkan bahwa karya sastra dapat menciptakan dampak yang mendalam terhadap budaya populer. Kesuksesan "Dilan Universe" menciptakan pasar untuk berbagai produk merchandise, seperti poster, kaos, dan barang-barang lainnya yang berkaitan dengan Dilan. Tak hanya itu, besarnya "Dilan Universe" juga membuat beberapa tempat di Bandung dibangun dengan nuansa Dilan, lho. Kali ini, Jalan-Jalan.com akan rekomendasiin kamu beberapa tempat ikonik atau yang berhubungan dengan Dilan di Bandung!

1. Taman Dilan

Taman Dilan di Bandung (Sumber: Website detikHOT)

Besarnya nama "Dilan Universe" membuat Taman Dilan dibangun di kawasan Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Taman Dilan dibuat bukan hanya untuk anak muda yang terpesona pada Dilan, si ketua geng motor yang unik itu. Akan tetapi, Taman Dilan bisa menjadi wisata keluarga karena menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap. Bahkan, ada camping ground, lho! Ketika ke Taman Dilan, kamu akan berasa seperti berada di tahun 1990-an karena suasana yang sengaja dibuat ala vintage zaman tersebut. Ada banyak spot yang digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto karena lokasinya yang sangat Instagramable.

Ada banyak juga merchandise "Dilan Universe" yang dijual di Taman Dilan, lho, mulai dari kaos, novel, jaket Dilan, dan berbagai perintilan Dilan lainnya. Selain itu, Taman Dilan akan menjadi penggerak literasi karena di sana terdapat perpustakaan, workshop sastra, dan panggung hiburan yang menjadi wadah dan sarana untuk para seniman. Selain itu, berkunjung ke Taman Dilan itu gratis, tanpa dipungut biaya!

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.9, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154

2. SMAN 20 Bandung

Acara Meet and Greet di SMAN 20 Bandung (Sumber: Website SMAN 20 Bandung)

SMAN 20 Bandung merupakan lokasi syuting Dilan. Gemasnya kisah Dilan dan Milea yang ada di layar lebar berlatar di SMAN 20 Bandung.

Alamat: Jl. Citarum No.23, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

3. Warung Bi Eem

Warung Bi Eem atau Kafe Coffe Lense Coffee Brewery (Sumber: Tribun Jabar)

Warung Bi Eem adalah salah satu lokasi syuting paling ikonik di "Dilan Universe". Tempat tersebut merupakan tempat Dilan menyatakan perasaan cintanya dan meminta Milea untuk menjadi pacarnya. Tak hanya itu, warung Bi Eem adalah tempat nongkrong Dilan dengan teman-temannya. Sekarang, bangunan ini dijadikan kafe yang sederhana, tetapi nyaman dan ikonik untuk dijadikan tempat nongkrong. Sebenarnya, bangunan ini bernama Kafe Coffe Lense Coffee Brewery, tetapi hingga saat ini tulisan "Warung Bi Eem" masih terpampang jelas di pintu masuknya.

Alamat: Jl. Panaitan No.22, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112

4. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika, Bandung (Sumber: Website Paket Wisata Bandung)

Kalau kamu salah satu orang yang gemes lihat interaksi Dilan dan Milea di atas motor sambil bercanda dan hujan-hujanan bareng, ternyata lokasi jalan yang dipakai di film Dilan ialah Jalan Asia Afrika, Bandung. Jalanan ini juga sangat ikonik karena di sinilah saksi cinta Dilan dan Milea. Nggak cuma tentang Dilan dan Milea, tapi Jalan Asia Afrika juga terkenal akan sejarahnya, lho! Karena terdapat Museum Konferensi Asia Afrika.

Alamat: Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

5. Minimarket Trina

Minimarket Trina (Sumber: Website Beautynesia)

Duh, ini juga salah satu lokasi paling ikonik, tapi sayangnya lokasi ini adalah latar dari kejadian yang kurang menyenangkan di film Dilan 1991. Minimarket Trina adalah tempat Dilan berkumpul dengan teman-teman geng motornya untuk melakukan serangan balas dendam. Hal tersebut membuat Dilan dan Milea bertengkar. Tempat ini sebenarnya bernama 46 Mart.

Alamat: Jl. Gudang Utara No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat