Tips Tetap Bisa Travelling di Akhir Bulan untuk Anak Kos!

Tips Tetap Bisa Travelling di Akhir Bulan untuk Anak Kos!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Sebagai anak kos, terkadang punya anggaran dan budget yang super terbatas. Anggaran itu juga harus dibagi untuk makan, keperluan kos, bensin, dan banyak keperluan lainnya. Walaupun begitu, kamu tetap bisa travelling di akhir bulan, lho! Tapi, ketika kamu travelling dengan budget terbatas, tentunya kamu perlu perencanaan dan strategi. Nah, kali ini, Jalan-Jalan.com akan ngasih tahu kamu tips supaya bisa tetep travelling di akhir bulan. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Pilih Tempat yang Nggak Terlalu Jauh

Kamu bisa memilih tempat yang nggak terlalu jauh supaya kamu bisa keluarin biaya yang nggak terlalu banyak untuk transportasi. Kamu bisa menjelajahi kota atau wisata terdekat yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu juga bisa menemukan objek wisata alam lokal, seperti gunung, danau, atau pantai. Biasanya, destinasi alam bisa kamu kunjungi dengan biaya yang terjangkau dan ngasih kamu pengalaman yang menyegarkan! Selain itu, kamu juga bisa travelling ke museum, situs sejarah, atau kawasan bersejarah. Kamu juga bisa menjelajahi destinasi kuliner di sekitar tempat tinggal kamu. Nggak cuma itu, kamu bisa memilih destinasi agrowisata atau perkebunan yang ada di dekat kamu.

2. Manfaatkan Promo dan Diskon

Kamu bisa ngecek, nih, di berbagai aplikasi online tentang promo dan diskon, mulai dari maskapai, hotel, layanan transportasi, atau destinasi kuliner yang mau kamu kunjungi. Seringkali, mereka menawarkan promo eksklusif untuk pelanggan yang memesan secara online. Kamu juga bisa follow media sosial maskapai, hotel, atau situs pemesanan karena informasi promo seringkali di-posting di media sosial mereka. Beberapa perusahaan juga menawarkan diskon eksklusif untuk pengikut mereka.

Pilih juga waktu yang strategis untuk memesan tiket pesawat dan akomodasi lainnya. Promo dan diskon sering ada di saat-saat liburan, hari besar, atau hari perayaan tertentu.

3. Gunakan Transportasi Umum atau Sharing

Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggunakan transportasi umum. Biasanya, kamu cukup mengeluarkan biaya sebanyak Rp10.000--Rp20.000 tergantung jarak tempat yang mau kamu kunjungi. Kalau mau naik transportasi pribadi, kamu bisa sharing bensin dan tol sama teman kamu.

4. Bawa Bekal Sendiri

Buat mengurangi biaya yang akan dikeluarkan, kamu bisa membawa bekal sendiri dari kos untuk menghemat biaya makan di luar. Tentunya, kamu perlu untuk memilih makanan yang tahan lama, menggunakan wadah yang tahan bocor supaya mudah dibawa dan nggak merepotkan kamu, menghindari makanan yang cepet basi, dan membawa camilan. Selain itu, kamu bisa membawa botol air sendiri. Jangan lupa untuk mengisi botol minum kamu sebelum pergi. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa mengurangi limbah plastik.

5. Jangan Lapar Mata

Kalau lagi travelling, kita rasanya mau beli semua barang yang kita lihat. Nah, tapi sebaiknya kamu jangan lapar mata untuk belanja semua barang. Ingat, sekarang lagi akhir bulan dan kamu lagi menghemat budget. Kalau kamu memang pengin banget untuk beli sesuatu. Jika memungkinkan, sharing makanan dengan teman atau minta untuk membungkus sisa makanan untuk dibawa pulang.

6. Pilih Kegiatan yang Gratis atau Murah

Kamu bisa travelling ke tempat-tempat yang gratis atau murah, nih! Kayak ke taman, museum, kebun binatang, atau acara komunitas lokal. Kamu bisa menambah banyak pengalaman tanpa harus ngeluarin uang terlalu banyak.

Gimana? Walaupun akhir bulan, kamu tetap bisa jalan-jalan dengan happy, kan? Yang penting, kamu atur budget sebijak mungkin dan jangan lapar mata waktu travelling! Yeay, happy holiday!

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat