Frugal Living Jadi Tren di TikTok? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya!

Frugal Living Jadi Tren di TikTok? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Akhir-akhir ini, gaya hidup frugal living menjadi tren dan ramai diperbincangkan di aplikasi TikTok. Apa, sih, frugal living itu? Frugal living merupakan gaya hidup seseorang yang secara bijaksana mengelola keuangan mereka dengan cara meminimalkan pengeluaran, menghindari pemborosan, dan memaksimalkan nilai dari setiap uang yang mereka keluarkan. Dengan itu, kamu bisa fokus pada prioritas keuangan jangka panjang. Kamu berminat untuk melakukan gaya hidup frugal living, tapi masih bingung? Nah, kali ini, Jalan-Jalan.com akan ngasih kamu beberapa contoh, kelebihan, dan kekurangan frugal living. Simak informasi di bawah ini, ya!

Contoh Frugal Living

Ilustrasi Memasak di Rumah (Sumber: Website CNN Indonesia)

1. Memasak di Rumah

Memasak di rumah daripada membeli makanan di luar merupakan salah satu cara efektif untuk menghemat uang. Kamu bisa belanja bahan makanan yang murah dan memasak makanan sendiri. Selain menghemat uang, kamu juga bisa memasak makanan yang kamu suka sesuai selera.

2. Membeli Barang Bekas

Membeli barang-barang bekas atau secondhand, seperti perabotan atau elektronik juga merupakan cara yang baik untuk menghemat uang. Barang-barang bekas seringkali memiliki harga yang lebih murah dengan kondisi yang masih bagus.

3. Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum dibanding menggunakan mobil pribadi atau taksi dapat menghemat uang yang signifikan dalam jangka panjang, terutama kalau kamu berada di kota yang memiliki transportasi umum yang terjangkau dan memadai.

4. Mengurangi Langganan

Ketika melakukan frugal living, kamu bisa mengurangi langganan, seperti mengurangi langganan streaming yang berlebihan di berbagai aplikasi, langganan majalah, atau langganan gym yang tidak kamu maksimalkan. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk menghemat uang.

5. Menabung dan Investasi

Menabung dan investasi merupakan cara yang menguntungkan dan dapat membantu kamu untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

6. Membatasi Penggunaan Air dan Listrik

Mengurangi konsumsi air dan listrik di rumah dapat membantu mengurangi tagihan bulanan, contoh kecilnya ialah dengan mematikan lampu dan perangkat elektronik yang tidak digunakan.

7. Jalan-Jalan dengan Cara Murah

Kamu bisa menghabiskan waktu luang dengan cara yang murah atau gratis, seperti berjalan-jalan di taman, mendengarkan musik, membaca buku, dan melakukan berbagai hal yang tidak memerlukan budget besar.

Kelebihan Frugal Living

Ilustrasi Menghemat Uang (Sumber: Website Akseleran)

1. Menghemat Uang

Dengan melakukan frugal living, kamu bisa menghemat uang dengan membatasi pengeluaran pada kebutuhan pokok kamu dan meminimalisir pemborosan pada barang atau pengeluaran yang kurang penting.

2. Pengurangan Stres Keuangan

Dengan mengelola keuangan kamu secara bijaksana, kamu bisa mengurangi kecemasan dan stres tentang uang karena kamu memiliki rencana keuangan yang jelas.

3. Mengurangi Pemborosan

Dengan melakukan frugal living, secara otomatis kamu mengurangi pemborosan sehingga menghasilkan tabungan yang lebih besar dalam jangka panjang.

4. Menghindari Hutang

Dengan membatasi pengeluaran dan fokus pada tabungan, kamu bisa terhindar dari jebakan hutang atau pinjaman online.

Kekurangan Frugal Living

Ilustrasi Menikmati Hidup (Sumber: Website Fimela)

1. Kesulitan Menikmati Hidup

Beberapa orang berpikir bahwa mereka harus menikmati hidup sehingga frugal living menghalangi mereka untuk menikmati hidup seutuhnya karena harus membatasi pengeluaran.

2. Kesulitan untuk Menyesuaikan Diri

Untuk beberapa orang, menyesuaikan gaya hidup dengan frugal living dapat menjadi sebuah tantangan terutama ketika mereka terbiasa dengan pola belanja atau konsumsi besar.

3. Keterbatasan dalam Pilihan

Frugal living membatasi pilihan seseorang untuk membeli barang atau layanan yang mereka inginkan karena memilih opsi yang lebih murah.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow