Lagi Cari Buku Bacaan? Ini Dia Rekomendasi Buku Travel Writing Terbaik!

Lagi Cari Buku Bacaan? Ini Dia Rekomendasi Buku Travel Writing Terbaik!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Genre travel writing atau catatan perjalanan merupakan genre yang berkembang pesat dalam dunia literatur dan media. Travel writing merangkum berbagai jenis tulisan yang berkaitan dengan perjalanan, mulai dari catatan perjalanan pribadi hingga panduan wisata, esai budaya, dan artikel tentang pengalaman-pengalaman unik di destinasi tertentu. Para penulis perjalanan sekarang memiliki platform online yang luas untuk membagikan pengalaman mereka dengan audiens global. Minat yang terus meningkat dalam mengeksplorasi dunia dan pengetahuan tentang budaya-budaya yang berbeda telah meningkatkan permintaan akan konten travel writing. Pembaca ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat-tempat baru, pengalaman unik, dan tips wisata yang berguna dari orang-orang yang telah mengunjungi tempat tersebut. Genre travel writing terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Genre ini telah menjadi sumber inspirasi dan informasi yang berharga bagi para pejalan dan pembaca yang tertarik untuk menjelajahi dunia. Kali ini, Jalan-Jalan.com akan merekomendasikan kamu beberapa buku travel writing terbaik.

1. Edensor - Andrea Hirata

Novel Edensor (Sumber: Website Goodreads)

Edensor merupakan buku ketiga dari universe Laskar Pelangi. Buku Edensor merupakan buku travel writing karena Andrea yang menggunakan nama Ikal sebagai tokoh di novel ini berkeliling dunia hampir ke seluruh dunia, khususnya Eropa dan Afrika. Ikal melakukan perjalanan ke Prancis untuk menemukan dirinya sendiri, mencari cinta, dan mewujudkan mimpinya untuk menggapai pendidikan setinggi-tingginya. Novel ini tidak hanya mendeskripsikan tempat yang dikunjungi oleh Ikal, tetapi fokus pada perjalanan batin dan pencarian makna hidup yang dialami oleh tokoh utama. Selain itu, Andrea Hirata berhasil menggambarkan lingkungan dan budaya di dalam novel Edensor secara detail. Pembaca dapat merasakan atmosfer dari berbagai daerah yang ada di dunia walaupun novel ini berfokus pada pandangan pribadi dan emosional sang tokoh utama. 

2. Maryamah Karpov - Andrea Hirata

Novel Maryamah Karpov (Sumber: Website Goodreads)

Maryamah Karpov merupakan lanjutan dari novel Edensor karya Andrea Hirata. Maryamah Karpov menceritakan kisah Ikal setelah ia selesai menyelesaikan pendidikannya di Prancis dan Inggris. Maryamah Karpov lebih banyak berlatar di Belitong. Novel ini menceritakan berbagai macam tantangan dan peristiwa yang membentuk jalan hidup mereka, termasuk cinta, persahabatan, dan impian. Andrea Hirata berhasil menggambarkan keindahan Belitong serta menggambarkan kehidupan masyarakat Belitong secara detail. Maryamah Karpov menghadirkan cerita yang penuh emosi dan makna, serta memberikan gambaran yang menarik tentang kehidupan di Belitong. Hal ini membuat novel Maryamah Karpov dicintai oleh pembaca dan terus menginspirasi banyak orang dengan cerita yang disampaikan.

3. Sunset Bersama Rosie - Tere Liye

Novel Sunset Bersama Rosie (Sumber: Website Gramedia)

Sunset Bersama Rosie mengisahkan tentang seseorang bermana Tegar yang sudah lama berteman baik dengan Rosie. Selama berteman, lambat laun Tegar memiliki perasaan kepada Rosie. Akan tetapi, sayangnya Tegar tidak berani untuk menyatakan perasaannya kepada Rosie. Hingga akhirnya, saat kuliah Rosie bertemu dengan seseorang bernama Nathan. Nathan pun jatuh cinta dan menyatakan cintanya kepada Rosie. Oleh sebab itu, Tegar menghilang dan mulai bekerja di Jakarta. Ia mencoba untuk membangun karir dan mencoba melupakan Rosie. Hingga akhirnya, Rosie dan Nathan menikah dan dianugerahi 4 orang anak yang bernama Anggrek, Sakura, Jasmine, dan Lili. Suatu ketika, sebuah tragedi bom di Pantai Jimbaran terjadi hingga Nathan meninggal. 

Hidup Rosie kacau. Hal ini membuat Tegar nekat untuk menyusul Rosie dan meninggalkan pekerjaan dan kekasihnya di Jakarta. Tegar harus memilih antara Rosie atau Sekar yang akan menjadi belahan jiwanya.

Tere Liye berhasil menggambarkan deskripsi tempat di novel Sunset Bersama Rosie secara detail. Pembaca dapat merasakan bahwa mereka seolah-olah berada di sana. Novel ini menggabungkan unsur perjalanan dengan kisah yang dramatis dan filosofis.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat