Bika Ambon Ternyata Bukan dari Ambon? Ini Dia Rekomendasi Merk Bika Ambon Terenak di Medan!

Bika Ambon Ternyata Bukan dari Ambon? Ini Dia Rekomendasi Merk Bika Ambon Terenak di Medan!

Smallest Font
Largest Font

Jalan.Jalan.com - Bika ambon merupakan salah satu kue tradisional yang populer di Indonesia. Meskipun nama bika ambon mengandung kata "Ambon", ternyata bika ambon bukan berasal dari Ambon. Bika Ambon berasal dari wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya, terutama Medan.

Sejarah bika ambon, kue tradisional khas Indonesia, memiliki akar yang panjang dan beragam. Namun, asal-usul pastinya masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan bahwa bika ambon pertama kali dibuat oleh para pedagang Arab yang berdagang di wilayah Aceh pada abad ke-16. Namun, ada juga versi yang mengatakan bahwa bika ambon awalnya dibuat oleh penduduk Tapanuli, Sumatera Utara, yang kemudian menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Asal-usul nama "Ambon" dalam bika ambon berasal dari penggunaan daun pandan Ambon yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk memberikan aroma pada kue ini. Daun pandan Ambon memiliki aroma yang khas menjadi salah satu bahan yang penting dalam pembuatan bika ambon.

Proses pembuatan bika ambon dimulai dengan pencampuran bahan-bahan dasar, seperti tepung terigu, santan, gula, telur, dan daun pandan. Adonan tersebut kemudian difermentasikan selama beberapa jam yang akhirnya menghasilkan rongga-rongga kecil di dalamnya. Fermentasi ini memberikan tekstur yang unik pada kue ini, membuatnya lembut namun tetap padat. Setelah proses fermentasi, adonan dipanggang hingga matang dan berwarna keemasan.

Bika ambon sering dijual dalam bentuk bulat atau persegi panjang. Kue ini sering dihidangkan sebagai camilan atau oleh-oleh. Rasanya yang manis dan teksturnya yang khas membuat bika ambon jadi kue kesukaan banyak orang. Nah, untuk kamu yang lagi jalan-jalan di Medan dan lagi cari bika ambon, kali ini Jalan-Jalan.com akan kasih kamu rekomendasi merk bika ambon terenak di Medan. Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Bika Ambon Rika

Bika Ambon Rika (Sumber: Website Tripadvisor)

Bika Ambon Rika merupakan salah satu merk bika ambon terkenal dan populer di Medan. Bika Ambon Rika dikenal karena kualitasnya yang baik dan rasanya yang enak. Bika Ambon Rika memiliki ciri khas tekstur yang lembut, manis, dan berongga. Bika Rika Ambon dijual dalam berbagai kemasan dan ukuran, baik dalam bentuk loyang bulat maupun persegi panjang. Kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hadiah bagi orang yang berkunjung ke Sumatera Utara.

Alamat: Jl. Sekip No.32BC, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20113

Jam Operasional: 07.30--18.00

2. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha (Sumber: Website Banyu Murti)

Bika Ambon Zulaikha merupakan merk lainnya yang terkenal di Medan. Bika Ambon Zulaikha menjual bika ambon dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar. Bika ambon yang satu ini menjual bika ambon persegi dan juga loyang bulat. Tak hanya itu, Bika Ambon Zulaikha juga menyediakan berbagai rasa, mulai dari bika ambon original hingga rasa pandan. Bika Ambon Zulaikha merupakan toko yang tepat untuk dikunjungi kalau kamu mau beli bika ambon di Medan.

Alamat: HJJG+CMH, Jl. Gagak Hitam, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122

Jam Operasional: 08.00--20.00

3. Bika Ambon Meranti

Bika Ambon Meranti (Sumber: Website Bolu Meranti)

Bika ambon terkenal lainnya di Medan adalah Bika Ambon Meranti. Toko ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan ketika mereka ingin membeli bika ambon asal Medan. Tak hanya bika ambonnya, Bika Ambon Meranti juga terkenal karena kue bolunya yang juga sering dibeli untuk oleh-oleh.

Alamat: Jl. Razak No.7C, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111

Jam Operasional: 07.00--20.00

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat