Mau Coba Sensasi Makanan Baru? Ini Dia Rekomendasi Makanan di Thailand yang Bisa Kamu Coba!

Mau Coba Sensasi Makanan Baru? Ini Dia Rekomendasi Makanan di Thailand yang Bisa Kamu Coba!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-jalan.com - Thailand dikenal dengan kelezatan makanan tradisional yang kaya akan rasa dan bumbu. Jadi, buat kamu yang lagi travelling ke Thailand, kamu bisa banget, nih, nyobain makanan di Thailand untuk dapat sensasi makanan baru. Kali ini, Jalan-Jalan.com akan kasih kamu rekomendasi makanan yang ada di Thailand. Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Pad Thai

Pad Thai (Sumber: Website Aaron and Claire)

Pad thai merupakan salah satu makanan khas Thailand yang terkenal dan menjadi kesukaan banyak orang. Makanan terkenal ini terbuat dari mie goreng, tauge, udang, dan ayam. Pad thai juga disajikan dengan irisan lemon atau kacang tanah. Bahan lain yang digunakan ialah telur, bawang putih, dan bawang merah. Proses memasak pad thai ialah menggoreng mi dengan api yang besar dan dicampur dengan bumbu-bumbu di atas wajan yang panas.

2. Tom Yum Goong

Tom yum goong (Sumber: Website Hot Thai Kitchen)

Tom yum goong merupakan sup ikonik Thailand, yaitu sup pedas dan asam yang menggabungkan rasa segar dari serai, daun jeruk, jamur, dan udang. Bahan utama di dalam makanan ini ialah goong atau udang besar.

Rasa khas tom yum goong berasal dari kombinasi bumbu, seperti saus ikan, perasan jeruk nipis, gula, dan pasta tom yum. Sup ini biasanya dihidangkan dalam mangkuk besar dan disajikan dengan nasi putih. Tom yum goong tidak hanya terkenal di Thailand, tetapi juga telah menjadi makanan yang terkenal di Asia.

3. Green Curry (Kaeng Khiao Wan)

Green curry (Sumber: Website Heather Christo)

Makanan ini merupakan kari hijau yang lezat dengan santan, daging ayam, sayuran, dan daun basil yang disajikan dengan nasi putih. Ciri khas green curry ialah pasta kari hijau yang digunakan sebagai dasar rasa. Bumbu pasta ini diantaranya cabai hijau, kemangi, jahe, bawang putih, bawang merah, serai, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Selain itu, santan atau susu kelapa merupakan salah satu bahan utama yang memberikan kekayaan rasa pada green curry. Green curry biasanya disajikan dengan nasi putih. Hidangan ini dapat diberi tambahan garnish, seperti irisan daun jeruk atau daun basil.

4. Massaman Curry

Massaman curry (Sumber: Website Serious Eats)

Kari kental dengan bumbu rempah, seperti kayu manis, pala, dan jintan membuat massaman curry menjadi makanan yang enak, kaya rasa, dan lezat. Massaman curry biasanya disajikan dengan daging sapi atau kambing. Namun, ada juga yang memakai daging ayam. Biasanya, massaman curry juga dimakan bersama kentang dan kacang tanah. Kentang dipotong menjadi potongan-potongan kecil dan kacang tanah ditempatkan di dalam kari untuk menambah tekstur. Massaman curry bisa kamu makan bersama nasi putih. Makanan ini bisa dihiasi daun jeruk atau hiasan lainnya sesuai selera.

5. Mango Sticky Rice

Mango sticky rice (Sumber: Website Bali Food Blogger)

Mango sticky rice merupakan dessert yang enak dan disukai oleh masyarakat dari berbagai negara yang ada di dunia. Mungkin, kamu juga udah nggak asing sama mango sticky rice karena makanan ini juga viral di Indonesia, lho! Ternyata, mango sticky rice ini adalah makanan khas dari Thailand. Mango sticky rice biasanya lebih populer selama musim mangga di Thailand, yang berlangsung dari Maret hingga Juli. Pada musim mangga, mangga Thai yang manis dan harum semakin berlimpah.

Di Thailand, mango sticky rice bernama khao niew mamuang. Hidangan ini memadukan kelembutan beras ketan dengan manisnya mangga matang. Bahan utama makanan ini ialah beras ketan atau yang disebut khao niew di Thailand. Selain itu, bahan lainnya ialah santan kelapa, gula, garam, dan mangga matang yang sudah dipotong-potong kotak dadu. Biasanya, makanan ini ditambahkan saus santan di atasnya.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat