Alun-Alun di Berbagai Kota Indonesia yang Punya Banyak Makanan!

Alun-Alun di Berbagai Kota Indonesia yang Punya Banyak Makanan!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Alun-alun merupakan tempat yang populer di berbagai kota yang ada di Indonesia. Nggak cuma menawarkan arsitektur dan suasana di outdoor yang menyenangkan, tetapi alun-alun bisa jadi pusat kegiatan kuliner.

Berbagai pedagang kaki lima dan warung makan sering berjejer di sekitar alun-alun. Mereka menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman tradisional. di alun-alun, pengunjung bisa menemukan berbagai jajanan khas daerah, makanan ringan, makanan tradisional, dan hidangan lokal lainnya. Contohnya adalah gorengan, pisang goreng, cilok, siomay, batagor, dan roti bakar. Kamu juga bisa menemukan makanan tradisional, seperti nasi goreng, mie goreng, soto, bakso, sate, gudeg, pecel, rujak, dan nasi kucing.

Alun-alun juga sering menjadi tempat untuk acara acara kuliner tertentu, seperti festival makanan dan bazar kuliner, pedagang kaki lima dan warung makan lokal dapat memperkenalkan hidangan dan makanan mereka kepada masyarakat. Kesempatan ini tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang unik bagi pengunjung, tetapi juga mendukung ekonomi lokal dan mempromosikan kuliner daerah.

Nah, kali ini, Jalan-Jalan.com akan rekomendasiin kamu beberapa alun-alun di Indonesia yang menjual makanan dan jajanan! Simak informasi di bawah ini, ya!

1. Alun-Alun Malang, Jawa Timur

Alun-Alun Malang terkenal dengan berbagai jajanan khas Jawa timur, seperti bakso Malang, tahu campur, mie kocok, dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat menikmati makanan lezat sambil menikmati suasana alun-alun yang ramai.

Bakso malang merupakan salah satu bakso yang terkenal di Indonesia. Dengan kuah kaldu yang kaya rasa dan isian bakso yang beragam, seperti bakso sapi, bakso ayam, bakso urat, dan bakso goreng. Selain itu, terdapat mie kocok yang disajikan dengan kuah kaldu daging sapi yang gurih dan lembut. Mie ini biasanya disajikan dengan tanbahan tauge, daun bawang, dan bawang goreng.

2. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Yogyakarta merupakan tempat yang populer di Yogyakarta, terutama di malam hari dan minggu pagi. Pengunjung dapat menemukan berbagai penjual makanan, seperti gudeg, bakso, sate, cumi bakar, dan berbagai makanan lainnya di alun-alun.

Gudeg merupakan hidangan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah rempah. Gudeg sering disajikan dengan ayam, telur, tahu, tempe, dan sambal goreng krecek. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi dan kerupuk.

Bakmi jawa merupakan hidangan mie khas Jawa yang disajikan dengan kuah kental yang kaya rasa, biasanya dihiasi dengan daging, ayam, tahu goreng, telur rebus, daun bawang, dan bawang goreng.

Sate klatak adalah hidangan sate yang terbuat dari daging kambing yang dipotong tipis dan ditusuk dengan tusukan bambu besar, kemudian dipanggang atau dibakar hingga matang. Biasanya disajikan dengan lontong, bawang goreng, dan sambal kacang.

3. Alun-Alun Bandung, Jawa Barat


Alun-Alun Bandung merupakan tempat yang ramai dengan berbagai penjual makanan dan minuman tradisional khas Bandung, seperti siomay, batagor, cireng, dan restoran. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan taman dan monumen di sekitar alun alun Bandung.

4. Alun-Alun Kota Solo, Jawa Tengah

Alun-Alun Kota Solo merupakan tempat yang populer untuk menikmati makanan khas Jawa tengah, seperti nasi liwet, soto, bakmi Jawa, dan gudeg.

5. Alun-Alun Kota Surabaya, Jawa Timur

Di Alun-Alun Kota Surabaya, kamu bisa menemukan berbagai penjual makanan tradisional, seperti rujak cingur, soto ayam, rawon, dan makanan khas surabaya lainnya.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat