Simple & Praktis: Tips Mudah Packing Baju Biar Nggak Stres dan Ribet!

Simple & Praktis: Tips Mudah Packing Baju Biar Nggak Stres dan Ribet!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Travelling memang menyenangkan, tetapi hal yang paling melelahkan sebelum berangkat travelling adalah packing baju.  Ketika packing baju, kamu mungkin akan kebingungan untuk membawa barang apa saja yang ingin kamu masukan ke dalam koper. Kemudian, setelah selesai memilih baju, kamu harus melipat dan menata pakaian di dalam koper, pack pakaian agar tidak terlalu banyak, merapikan, dan menyusunnya di koper yang terbatas. Kadang-kadang, walaupun kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menatanya, ada saja yang terlewat atau tidak cukup ruang untuk semuanya. Akan tetapi, tenang aja, kali ini Jalan-Jalan.com akan bahas beberapa tips praktis supaya proses packing kamu jadi lebih efisien dan menyenangkan. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Rencanakan Terlebih Dahulu

Buatlah daftar kebutuhan pakaian kamu berdasarkan tujuan dan durasi perjalanan kamu. Tentukan jenis pakaian yang diperlukan sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan di destinasi yang akan kamu kunjungi. Kamu harus menghitung kira-kira berapa lama kamu akan pergi. Lakukan juga riset tentang cuaca dan iklim di destinasi perjalanan kamu. Perhatikan juga perubahan cuaca yang mungkin terjadi selama periode perjalanan kamu. Buat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan selama perjalanan, termasuk aktivitas indoor dan outdoor.

2. Pilih Pakaian yang Multifungsi

Pilihlah pakaian yang dapat dipadu-padankan dengan mudah dan cocok untuk berbagai aktivitas. Misalnya, bawalah pakaian dasar yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti kaos polos, kemeja, atau jeans yang memiliki warna netral seperti hitam, putih, biru dongker, atau abu-abu. Warna-warna netral ini lebih mudah dipadu-padankan dengan pakaian lain dan cocok di berbagai kegiatan.

Pilihlah pakaian yang terbuat dari material yang ringan, cepat kering, dan tidak mudah kusut, seperti katun, jersey, atau polyester yang sering mudah diatur dan lebih nyaman dipakai di berbagai situasi.

3. Gunakan Metode Packing yang Efisien

Gunakan metode packing yang efisien, seperti gulungan atau lipatan yang rapi untuk menghemat ruang dan mencegah pakaian menjadi kusut. Kamu juga bisa menggunakan organizer pakaian atau kantong ziplock untuk mengelompokkan pakaian berdasarkan jenis atau fungsi. Misalnya, kamu bisa memisahkan pakaian dalam dan pakaian biasa. Kamu juga bisa mengelompokkan pakaian untuk berbagai aktivitas, seperti berenang atau olahraga.

Manfaatkan ruang kosong di dalam sepatu atau bagian-bagian kosong di dalam koper untuk menyimpan pakaian kecil, seperti kaus kaki atau aksesori. Hal ini akan membantu memaksimalkan penggunaan ruang dalam bagasi.

4. Gunakan Checklist Mode di Akhir Packing

Buatlah checklist packing untuk memastikan bahwa kamu tidak melewatkan apa pun yang penting. Checklist dapat membantu kamu tetap terorganisir dan mengurangi stres saat packing. Pastikan untuk menyesuaikan checklist ini dengan kebutuhan pribadimu dan destinasi perjalananmu. Selalu periksa kembali checklist sebelum menutup koper atau tas ranselmu untuk memastikan bahwa kamu tidak melewatkan apa pun yang penting.

5. Jaga Kebersihan dan Organisasi

Pastikan untuk menjaga kebersihan dan organisasi dalam proses packing. Gunakan kantong khusus untuk menyimpan pakaian kotor atau basah. Jika kamu membawa barang-barang cair seperti sampo atau lotion, kamu bisa menyimpannya di dalam kantong ziplock atau wadah untuk mencegah tumpah atau bocor selama perjalanan. Jangan lupa untuk mengorganisir barang-barang kecil, seperti kunci, ponsel, atau kamera. Tempatkan mereka dalam kantong kecil atau organizer agar kamu bisa menemukannya dengan mudah saat kamu membutuhkannya. Pastikan juga untuk menutup tas atau koper dengan rapat setelah packing.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat