Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Kebanggaan Masyarakat Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Kebanggaan Masyarakat Sumatera Utara

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Air terjun Sipiso-piso merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter. Hal ini menjadikan air terjun ini sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan setinggi lebih dari 800 mdpl. Air terjun ini berdekatan dengan Danau Toba. Air terjun ini disebut "Sipiso-piso" karena bentuknya mirip dengan bilah pisau, dengan air mengalir dari dalam gua dan meluncur dengan sempurna dari atas tebing.

Air terjun Sipiso-piso memiliki beberapa daya tarik, seperti ketinggiannya yang mencapai 120 meter yang dapat dinikmati dari bawah dan atas, serta pemandangan indah dengan background Danau Toba.

Objek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan bus dari Kota Berastagi, berjarak sekitar 35 km. Jika kamu dari Danau Toba dan ingin ke Air Terjun Sipiso-piso, kamu dapat menempuhnya dengan waktu sekitar 4 jam menggunakan mobil. Akses menuju Air Terjun Sipiso-piso telah dibuka untuk berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan beroda dua dan empat dengan fasilitas parkir yang tersedia. Untuk mencapai lokasi utama air terjun, kamu akan melewati serangkaian anak tangga yang membawa kamu menuju ke area air terjun tersebut. Kamu memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai dasar air terjun ini dengan ratusan anak tangga yang harus dilalui. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso adalah ketika tidak musim hujan. Saat musim hujan, jalan menuju air terjun ini menjadi sangat sulit dan berbahaya sehingga kamu harus berhati-hati untuk mencapai lokasi air terjun.

Yang membedakan Air Terjun Sipiso-piso dengan air terjun lainnya di Indonesia adalah karena Air Terjun Sipiso-piso memiliki bentuk yang unik, mirip dengan sebilah pisau yang memanjang. Hal ini membuat Air Terjun Sipiso-piso terlihat gagah jika diperhatikan. Air terjun ini juga memiliki suasana yang sejuk, asri, dan menenangkan. Selain itu, ait terjun ini memiliki sejarah dan legeda yang menarik, berpusat pada Naga Padoha yang dikirim oleh Dewa Batara Guru untuk membantu masyarakat mengairi ladang dan memberikan kesuburan tanah. Wisatawan memiliki dua pilihan untuk menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso, yaitu dari bawah dan atas. Dari bawah, pengunjung dapat berjalan mendekat ke air terjun dan merasakan sensasi dingin dari cipratan air, sedangkan dari atas, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan air terjun dari pos pemantauan atau gardu pandang yang berada di atas bukit.

Selain bermain air dan berendam di air terjun, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas lain yang dapat dilakukan di sekitar Air Terjun Sipiso-piso, seperti berjalan-jalan di sekitar air terjun untuk menikmati pemandangan, trekking di sekitar air terjun, memancing di Danau Toba, bahkan mengunjungi Museum. Di kawasan Air Terjun Sipiso-piso, terdapat beberapa museum yang dapat menjadi objek wisata edukasi, seperti Museum Batak dan Museum Situlahari. Dengan demikian, Air Terjun Sipiso-piso menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, mulai dari menikmati keindahan alam hingga berbagai aktivitas yang lebih menantang dan edukatif.

Tak perlu takut kelaparan. Di sekitar Air Terjun Sipiso-piso, terdapat beberapa restoran dan warung makan yang bisa kamu nikmati, seperti Warung Ikan Sitopsi, Warung Ikan Bakar Ojolali, Restoran RM Muslim Suroboyo Tongging, RM Muslim Rizki Khas Jawa Sipiso-piso, Resto Puncak II Siosar, RM Hj Nur Ainy, Sipiso-piso Nauli Rest Area, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, pengunjung Air Terjun Sipiso-piso memiliki beberapa pilihan restoran dan warung makan yang dapat dinikmati untuk menikmati makanan dan minuman lokal.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat