Arung Jeram Sungai Manna, Wisata Menantang di Sumatera Selatan

Arung Jeram Sungai Manna, Wisata Menantang di Sumatera Selatan

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Arung Jeram Sungai Manna adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan pengalaman ekstrem dan menantang di Sumatera Selatan. Sungai Manna terletak di Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Pagaralam. Pengunjung dapat mencapai lokasi menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, dengan perjalanan selama 4 jam dari pusat Kota Pagar Alam.

Arung Jeram Sungai Manna menawarkan berbagai tingkat kesulitan, mulai dari kelas rendah yang cocok untuk pemula hingga kelas yang lebih tinggi dan membutuhkan pengalaman dan keahlian khusus. Pengunjung dapat memilih sesuai dengan tingkat kemampuan dan keberanian mereka, dengan instruktur berpengalaman yang mendampingi setiap peserta untuk memastikan keamanan dan keseruan selama petualangan.

Sungai Manna berbelah hutan hijau dan pegunungan, menawarkan pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan indah di sepanjang sungai, sambil menikmati goncangan demi goncangan di atas perahu karet. Keindahan alam berupa tebing-tebing di kiri dan kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat memukau. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang asri sepanjang perjalanan, menciptakan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Keindahan alam berupa pepohonan dan satwa liar seperti monyet serta elang di sekitar sungai dapat kamu temui selama arung jeram.

Biaya untuk menikmati arung jeram di Sungai Manna berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan rute yang dipilih. Biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp250 ribu-Rp350 ribu per orang. Tenang saja, instruktur berpengalaman akan mendampingi setiap peserta, memastikan keamanan dan keseruan selama berpetualang di Sungai Manna. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih aman dan terjamin dalam menikmati pengalaman arung jeram.

Selain arung jeram, terdapat juga beberapa wisata alam lain yang dekat dengan Sungai Manna, yaitu:

1. Pantai Bongen Sekayu

Wisata pantai yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan pemandangan senja dari ketinggian turap. Pantai ini terletak di Kabupaten Lahat, sekitar 6 jam dari Bandara Internasional SMB II Palembang.

2. Fork York

Bangunan peninggalan sejarah yang didirikan pada era Inggris, hasil perjanjian Kerajaan Selebar dengan Kerajaan British East India Company. Fork York terletak di Provinsi Bengkulu, dekat dengan Sungai Manna.

3. Danau Teratai

Danau Teratai terletak di Desa Terusan Tengah, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, sekitar 19 km dari Kota Kisaran. Luas kawasan Danau Teratai ini kurang lebih 100 ha yang terdiri dari danau, rawa, dan hutan bakau. Fasilitas yang sudah ada di Danau Teratai adalah sepeda air, gazebo, dan warung makan.

4. Air Terjun Simonang-monang

Air Terjun Simonang-monang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Air Terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan ketinggian sekitar 250 m dan jatuhan airnya membentuk embun-embun yang menyejukkan. Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan. Biaya masuk ke Air Terjun Simonang-monang gratis, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke dalamnya.

Air Terjun Simonang-monang memiliki pemandangan yang indah dan alami dengan aliran air yang terbelah menjadi dua bagian. Aliran air yang tidak terlalu deras dan bebatuan alami yang terdapat di aliran sungai membuat pengunjung dapat menikmati segarnya air dan mandi di sekitar air terjun. Di sekitarnya, terdapat tebing-tebing yang menamnah keindahannya. Kawasan wisata ini sudah memiliki fasilitas berupa gazebo dan toilet umum serta ruang ganti pakaian. Fasilitas ini memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun dengan nyaman.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat