Indah dan Unik: Beberapa Rekomendasi Pantai di Nias Utara

Indah dan Unik: Beberapa Rekomendasi Pantai di Nias Utara

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Nias Utara berada di utara Sumatera dan perbatasan Samudera Hindia. Di sana, terhampar sebuah surga tropis yang belum banyak terjamah oleh banyak orang. Nias Utara tidak hanya dikenal sebagai pulau yang kaya akan budaya dan tradisi, tetapi juga sebagai surga bagi para pecinta alam, terutama bagi kamu yang gemar menjelajahi keindahan pantai.

Salah satu daya tarik utama dari Nias Utara adalah pantainya yang spektakuler. Pantai-pantainya menawarkan pesona yang tak terlupakan dengan pasir putihnya yang halus, air laut yang jernih, dan ombak yang menggoda. Salah satu pantai yang paling terkenal di kawasan ini adalah Pantai Sorake. Pantai ini terkenal di seluruh dunia karena ombaknya yang tinggi. Sorake menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya Pantai Sorake, Nias Utara juga memiliki Pantai Lagundri yang menawarkan panorama alam yang memukau. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang. Pantai ini menciptakan suasana yang tenang dan memesona. Kamu bisa menikmati hari yang tenang sambil merasakan hangatnya sinar matahari dan mendengar suara deburan ombak yang lembut.

Kali ini, Jalan-Jalan.com akan merekomendasikan kamu beberapa pantai menarik yang ada di Nias Utara. Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Pantai Turetolo

Pantai Turetolo (Sumber: Website Marta Mandailing)

Pantai Turetolo mempunyai pasir putih yang menawan. Kamu bisa berenang dan snorkeling di banyak spot yang ada di Pantai Turetolo. Gelombang laut dan ombaknya cukup tenang, sehingga kamu bisa merasa aman ketika berenang dan melihat keindahan bawah laut yang ada di Pantai Turetolo. Ada banyak ikan yang bervariasi dan juga terumbu karang yang bercorak menarik. Ketika berenang, kamu juga tidak perlu takut dengan hewan-hewan predator yang mematikan. Akan tetapi, kamu perlu tetap waspada.

Selain itu, yang menarik dari Pantai Turetolo adalah kandungan garamnya tinggi, seperti Laut Mati di Yordania. Pantai ini juga memiliki sejarah yang menarik. Hal ini berkaitan dengan gempa besar di Nias pada 28 Maret 2005. Pada saat itu, terjadi gempa berkekuatan 8.7 SR yang mengguncang Pulau Nias selama seminggu. Gempa ini membuat misteri, yaitu menyurutkan air laut sejauh 2km di Nias Utara dan menenggelamkan beberapa pulau di Nias Selatan. Pada saat itu, masyarakat berpikir bahwa Pulau Nias akan tenggelam. 

Pantai ini juga memiliki kadar garam yang tinggi. Kamu bisa mengapung saat berenang di pantai ini. Masyarakat Nias Utara sangat menjaga Pantai Turetolo karena sebagian masyarakat sekitar menjadikan Pantai Turetolo sebagai mata pencaharian. Sebagian masyarakat menangkap ikan di tengah laut.

Pantai Turetolo berada di Fadoro Sitolu Hili, Lahewa, Nias Utara.

2. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa (Sumber: Website Utiket)

Pantai Toyolawa merupakan pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal, pantai di Nias Utara ini sangat indah dan cantik. Pantai yang masih underrated ini memiliki pasir pantai yang berwarna pink, sementara air lautnya berwarna biru kehijauan yang masih bersih.

Pantai ini belum banyak terjamah oleh masyarakat, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pantai Toyolawa seolah berada di pantai pribadi. Di pantai ini, kamu bisa berjemur dan surfing karena ombaknya mendukung untuk kamu berselancar. 

Pantai Toyolawa memiliki beberapa pulau kecil, yaitu Pulau Mausi dan Pulau Tikus yang sebenarnya sangat eksotis, tetapi belum banyak terekspos. Untuk akses menuju Pantai Toyolawa, kamu bisa naik ojek dari Pasar Lahewa. Pantai ini merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi di Nias Utara!

3. Pantai Asi Walo

Pantai Asiwalo (Sumber: Website Klik Lubuklinggau)

Pantai Asi Walo berada di Kabupaten Nias Utara. Pantai Asi Walo bisa ditempuh dengan jarak 40km jakur darat dari pusat Kota Gunungsitoli. Dalam perjalanan, kamu bisa menyaksikan beragam perkampungan yang ada di Kota Gunungsitoli.

Untuk masuk ke dalam Pantai Asi Walo, kamu hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Untuk penginapan, kamu bisa menyewa pondok yang sudah disediakan oleh masyarakat sekitar. Di pantai ini, kamu juga bisa membeli makanan yang ada di warung-warung sekitar Pantai Asi Walo. 

Hal menarik dari Pantai Asi Walo adalah pantai ini memiliki museum terumbu karang. Isi dari museum terumbu karang itu memiliki beragam terumbu karang serta cangkang kerang dan cangkang penyu. Kamu juga bisa menikmati suasana di pinggir pantai, seperti minum kelapa sambil menikmati sunset. Tak hanya itu, kamu juga bisa berenang di laut.

Pantai Asi Walo juga memiliki restoran apung yang menyediakan ikan bakar dan beberapa makanan tradisional asal Nias Utara. 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat