Tjong A Fie Mansion, Bangunan Bersejarah di Medan

Tjong A Fie Mansion, Bangunan Bersejarah di Medan

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Tjong A Fie Mansion merupakan sebuah rumah bersejarah yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.15, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Rumah ini dibangun pada tahun 1985 oleh Tjong A Fie, seorang pedagang Hakka. Pembangunan rumah ini selesai pada tahun 1900. Konon, rumah ini merupakan hadiah dari Tjong A Fie untuk istri ketiganya. Lalu, Tjong A Fie meninggal pada tahun 1921 dan rumah ini masih ditempati oleh keturunannya. Rumah ini memiliki gaya arsitektur yang terdiri dari elemen Tionghoa, Melayu, dan Art Deco. Hal ini disebabkan oleh Tjong A Fie Mansion memiliki keterkaitan dengan Cheong Fatt Tze Mansion di Penang, Malaysia, yang juga dibangun oleh seorang pedagang Hakka.

Rumah Tjong A Fie memiliki elemen arsitektur Eropa, seperti ruang dansa yang terletak di lantai dua, menunjukkan pengaruh gaya arsitektur Eropa dalam desain rumah ini. Rumah ini juga memiliki elemen arsitektur China, seperti keseluruhan bangunan yang mengusung konsep arsitektur khas China, serta jendela yang didominasi warna hijau dan terbuat dari kayu. Konsep ini menunjukkan gaya arsitektur China dalam desain rumah ini. Rumah Tjong A Fie menerapkan konsep arsitektur tradisional China pada organisasi ruangnya berdasarkan filosofi tradisional China. Rumah Tjong A Fie dibangun dengan memperhatikan prinsip-prinsip feng shui, membuat rumah ini memiliki energi positif dan harmonis. Kamar-kamarnya berada di empat sisi bangunan dan mengelilingi halaman terbuka yang besar di tengah, menandakan 'Sumur Surga'. Lalu, gaya Melayu terlihat dari jendela yang didominasi warna hijau. Selain itu, terdapat pula ornamen khas Melayu, seperti ornamen bunga manggis, cengkih, roda bunga, pucuk rebung, lebah bergantung, bintang, dan terali biola yang digunakan pada bangunan Melayu Riau juga terlihat dalam ruangan ini.

Kini, Tjong A Fie Mansion dijadikan museum dan tempat wisata bersejarah di Medan. Harga tiket masuk Tjong A Fie Mansion sekitar Rp35.000 per orang dengan jam operasional setiap hari dari 09.00-17.00. Rumah ini memiliki koleksi artefak kuno, lukisan, foto-foto lama, dan perabotan rumah yang digunakan oleh keluarga Tjong A Fie, serta ruang dansa dan kuil yang masih terawat dengan baik. Dengan demikian, Tjong A Fie Mansion menjadi salah satu objek wisata bersejarah menarik yang ada di Medan, menawarkan pengalaman sejarah, budaya, dan arsitektur yang unik.

Koleksi barang pribadi Tjong A Fie yang dapat dilihat adalah koleksi kursi, rumah Tjong A Fie memiliki koleksi kursi klasik dan berbahan kayu, menawarkan pengalaman seperti memasuki lorong waktu ke awal abad ke-19. Selain itu, terdapat lemari berisi buku-buku koleksi Tjong A Fie yang masih tersimpan. Akan tetapi, lemari buku tersebut tidak boleh dibuka.

Terdapat juga lampu meja rias antik dan tempat tidur yang memiliki tirai atau kelambu, serta meja hias dan kursi santai. Di meja makan, tersimpan piring dan gelas lawas. Rumah ini juga memajang koleksi foto kegiatan Tjong A Fie, seperti foto perayaan ulang tahun, perayaan Imlek, perayaan Chingeey, pertandingan sepakbola, serta foto Sultan Makmun Al Rasyid yang memiliki hubungan dekat dengan Tjong A Fie. Tak hanya itu, terdapat pula surat penghargaan dari gubernur Hindia Belanda untuk Tjong A Fie di tahun 1904. Dengan demikian, rumah Tjong A Fie menawarkan pengalaman sejarah dan budaya Melayu-Tionghoa melalui koleksi pribadi yang masih tersimpan dengan baik.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat