Sering Dilupakan! Padahal, Ini Dia Beberapa Barang yang Wajib Dibawa Ketika Wisuda!

Sering Dilupakan! Padahal, Ini Dia Beberapa Barang yang Wajib Dibawa Ketika Wisuda!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Wisuda merupakan momen istimewa dan sangat berharga. Oleh karena itu, wisuda tentunya memerlukan persiapan khusus. Untuk memastikan kelancaran acara dan kenyamanan selama acara wisuda, jalan-jalan.com akan ngasih kamu rekomendasi barang-barang yang jangan sampai lupa kamu bawa waktu acara wisuda. Simak rekomendasinya di bawah ini, ya!

1. Toga dan Baju Wisuda

Ilustrasi Wisuda (Sumber: istock)

Pastikan kamu membawa dan memastikan keutuhan dari toga dan baju yang akan kamu pakai untuk wisuda, ya. Pastikan toga sudah disiapkan dan disesuaikan dengan ukuran tubuh kamu. Jangan sampai kotor apalagi ketinggalan.

2. Surat Undangan dan Kartu Peserta Wisuda

Jangan lupa bawa surat undangan untuk pendamping wisuda dan kartu peserta wisuda untuk memudahkan registrasi dan akses ke area acara wisuda.

3. Dokumen dan Identitas

Bawa dokumen identitas seperti KTM dan KTP untuk persyaratan pendaftaran dan verifikasi identitas.

4. Outfit yang Tepat

Ilustrasi Perlengkapan Pakaian Wisuda (Sumber: IStock).

Kenakan outfit yang nyaman dan cocok selama acara wisuda. Kamu bisa memilih baju dengan bahan yang adem, sepatu yang nyaman, dan tentunya harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Untuk perempuan, di bawah toga, kamu bisa menggunakan gaun atau kebaya yang sesuai. Pilihlah warna yang sesuai dengan tubuh kamu. Untuk laki-laki, kamu bisa menggunakan kemeja formal dengan dasi dan celana formal yang sesuai dengan warna toga. Kamu juga perlu untuk memilih sepatu yang nyaman karena kamu akan berjalan ke podium. Pilih juga sepatu yang sesuai dengan gaun, kebaya, atau kemeja yang kamu gunakan.

5. Hiasan dan Aksesoris Wisuda

Jangan lupa bawa aksesoris wisuda, seperti kalung, gelang, atau bunga untuk properti foto-foto setelah selesai acara wisuda.

6. Tas atau Dompet

Bawa tas atau dompet kecil untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti kunci, ponsel, kartu wisuda, kaca mata, parfum kecil, atau tempat softlens. Pastikan tas atau dompet yang kamu bawa nggak terlalu besar atau mencolok sehingga tidak mengganggu prosesi atau merusak penampilan kamu di hari itu. Pilihlah tas yang sesuai dengan warna dan gaya pakaian kamu.

7. Ponsel dan Charger

Pastikan ponsel kamu baterainya penuh dan jangan lupa bawa charger atau powerbank biar kamu nggak kehabisan baterai selama acara.

8. Kamera atau Smartphone

Jangan lupa bawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen spesial.

9. Tisu atau Pembersih Wajah

Siapkan tisu atau pembersih wajah karena biasanya saat wisuda akan ada banyak orang yang membuat suasana menjadi gerah dan bikin kamu keringetan.

10. Peralatan Touch Up Make Up (Buat yang Pakai Make Up)

Kalau kamu pakai make up, jangan lupa bawa peralatan touch-up untuk menjaga penampilan kamu selama acara berlangsung.

11. Uang Tunai atau Kartu ATM

Bawalah sejumlah uang tunai atau kartu ATM untuk keperluan darurat atau jika ada penawaran oleh penjual aksesoris wisuda di tempat acara.

12. Obat Pribadi

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi sakit yang tiba-tiba kambuh ketika acara wisuda.

13. Kipas Portabel Kecil

Ilustrasi Kipas Portabel (Sumber: iStock)

Membawa kipas portabel kecil saat wisuda bisa menjadi ide yang baik apalagi kalau acara berlangsung di tempat tertutup dan ramai. Beberapa tempat acara mungkin tidak memiliki sistem pendingin yang optimal sehingga ruangan terasa lebih panas karena kepadatan orang.

Pastikan untuk memeriksa panduan wisuda dari kampus kamu, ya! Jangan lupa juga untuk tetap mengikuti instruksi dari panitia. Setiap universitas mungkin memiliki persyaratan khusus yang perlu diperhatikan.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat