Lagi Mumet & Butuh Me-Time, tapi Takut Sendirian? Ini Dia Tips Me-Time dengan Aman, Nyaman, dan Selamat Sentosa!

Lagi Mumet & Butuh Me-Time, tapi Takut Sendirian? Ini Dia Tips Me-Time dengan Aman, Nyaman, dan Selamat Sentosa!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Kadang, kita ngerasa mumet setelah ngelakuin banyak pekerjaan dan tugas. Di saat itu, me time adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menyegarkan pikiran. Me time adalah memberikan dan menikmati waktu untuk diri sendiri. Walaupun terlihat sederhana, tetapi me time mampu menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali melakukan pekerjaan lagi. Me time bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang, seperti merilekskan pikiran dan tubuh, menjaga kesehatan mental, memperkuat kreativitas, menjaga keseimbangan hidup, dan menyediakan ruang untuk sejenak berpikir.

Dengan memberikan waktu untuk merenung atau melakukan aktivitas yang kamu suka, me time juga bisa membantu mengurangi tekanan mental, meningkatkan mood, dan mengurangi burnout karena aktivitas.

Nah, tapi beberapa orang masih takut untuk me time atau pergi ke berbagai tempat sendirian. Kali ini, Jalan-Jalan.com akan ngasih kamu tips me time dengan aman, nyaman, tenang, dan seru. Simak tips di bawah ini, ya!

1. Tentukan Rencana Sebelum Pergi

Sebelum pergi, tentukan rencana dan lokasi yang akan kamu kunjungi untuk me time. Buat daftar kegiatan atau rencana tempat yang mau kamu eksplor sehingga kamu mengetahui arah yang jelas. Jadi, lo nggak bingung dan lebih percaya diri walaupun pergi sendirian. Selain itu, liburan yang terencana menghindari keteburu-buruan.

2. Informasikan Orang Terdekat

Kasih tahu teman atau keluarga tentang rencana tempat yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa share lokasi ke mereka sehingga mereka tahu keberadaan kamu di mana.

3. Percaya Diri

Kamu perlu percaya diri kalau lagi pergi sendirian. Nggak usah takut dan nggak usah overthinking kalau orang-orang akan berpikiran aneh tentang kamu. Nggak ada yang salah dari nonton, makan, atau jalan-jalan sendirian. Jadi, kuncinya percaya diri aja! Ingat kalau me time adalah hak kamu sebagai individu. Nggak ada yang aneh atau salah dengan pergi sendirian. Sadari juga bahwa banyak orang yang melakukan me time juga. Banyak orang yang pergi sendirian untuk merenung, mengisi energi, atau melakukan hobi mereka. Tenang aja, kamu nggak akan dianggep aneh, kok.

4. Asik Boleh, tapi Harus Tetap Waspada

Kalau lagi me time, kamu harus ekstra waspada dan berhati-hati sama lingkungan sekitar, misalnya kamu lagi asyik me time sambil laptopan, kamu tetap harus menjaga barang-barang penting kamu, seperti laptop, handphone, dompet, dsb. Simpan barang berharga kamu dengan aman. Gunakan tas yang aman dan sulit diakses orang lain. Selain itu, hindari menarik perhatian orang lain dengan menggunakan barang yang terlalu mencolok.

5. Gunakan Insting dan Ikuti Feeling Kamu

Insting kadang bisa jadi panduan yang terbaik. Ikuti feeling dan insting kamu kalau kamu udah ngerasa nggak nyaman di suatu tempat.

6. Dengarkan Musik

Biar semakin santai, kamu bisa me-time sambil dengerin musik. Musik memberikan manfaat untuk memberikan ketenangan, menurunkan kadar hormon stres, dan tentunya bikin kamu nggak bosen walaupun lagi sendirian. Selain itu, musik bisa membantu menghilangkan kebisingan lingkungan sekitar yang sibuk atau bising. Kalau lagi me time sambil ngerjain sesuatu sendirian, mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

7. Pertimbangkan Kondisi Cuaca

Kalau kamu berencana untuk me time di outdoor, pertimbangkan kondisi cuaca dan persiapkan diri dengan baju yang sesuai.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat