Mengenal Trinity, Seorang Traveler dan Penulis Perjalanan Terkenal di Indonesia

Mengenal Trinity, Seorang Traveler dan Penulis Perjalanan Terkenal di Indonesia

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Trinity merupakan seorang penulis perjalanan dan petualang yang terkenal di Indonesia. Trinity lahir dengan nama lengkap Ade Perucha Hutagaol di Sukabumi, Jawa Barat pada 11 Januari 1973. Trinity terkenal karena catatan perjalanannya, yaitu Trinity Traveler. Awalnya, Trinity membuat catatan setiap kali ia berkunjung ke tempat baru. Trinity menulis dengan gaya lucu dan ringan. Hal tersebut membuat rekan-rekannya menyuruh untuk memublikasikan catatan tersebut secara online. Awalnya, tulisan tersebut Trinity publikasikan ke dalam sebuah blog, tetapi ternyata blog tersebut ramai dibaca oleh banyak orang sehingga Trinity menjadikan catatan tersebut menjadi sebuah buku, yaitu buku The Naked Traveler.

Bukannya mencari tempat-tempat yang sedang viral, Trinity justru lebih suka untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang belum banyak diketahui oleh orang. Ia juga suka berpetualang ke tempat terpencil. Di dalam bukunya, Trinity menuliskan suka dan dukanya selama melakukan perjalanan. Ia juga menggambarkan apa yang ia temukan di tempat baru, seperti orang, tempat, cuaca, iklim, sistem politik, kebudayaan, dan juga bahasa baru yang ia temui. Tak hanya berbagi suka dan duka, Trinity menuliskan tips-tips untuk orang lain yang ingin melakukan perjalanan. Trinity membangun jaringan yang kuat antara orang yang gemar melakukan perjalanan, memberikan ide, dan informasi yang bermanfaat bagi semua orang yang ingin menjelajahi dunia. Trinity dicintai oleh banyak orang karena tulisannya yang inspiratif, ramah, lucu, dan jujur.

Hingga saat ini, Trinity telah melakukan perjalanan hampir ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Trinity juga sudah mengunjungi 105 negara. Sebagian kecil negara yang pernah ia kunjungi, yaitu Rusia, Finlandia, Swedia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Hungaria, Slowakia, Slovenia, Jerman, Brazil, Chili, Peru, Ekuador, Colombia, Meksiko. Guatemala, Amerika Serikat, Kuba, Jamaika, Malaysia, dan banyak negara lainnya.

Trinity merupakan orang pertama yang memiliki travel blog di Indonesia. Ia memulai menulis catatan perjalanan di blog sejak tahun 2005, lalu 2 tahun kemudian tulisannya diadaptasi menjadi buku. Hal ini tentunya mewarnai genre sastra perjalanan di Indonesia. Tulisan Trinity tidak hanya sekadar diadaptasi menjadi buku, tetapi juga diadaptasi menjadi film layar lebar.

Buku-Buku Trinity (Sumber: Website The Naked Traveler)

Awal mula Trinity memberi judul pada bukunya The Naked Traveler sebenarnya karena "Naked" merupakan plesetan dari kata "Nekad". Hal ini dilatarbelakangi oleh Trinity yang nekat untuk melakukan perjalanan ke berbagai tempat baru. Mengikuti perkembangan zaman, sekarang Trinity mempublikasikan kegiatannya melalui Twitter, Instagram, dan YouTube.

Film Trinity, The Naked Traveler (Sumber: Website Viu)

Karya-karya Trinity yang sudah diterbitkan, antara lain The Naked Traveler 1 (2007), The Naked Traveler 2 (2010), Duo Hippo Dinamis: Tersesat di Byzantium (Graphic Travelogue) (2010), The Journeys, Kisah Perjalanan Para Pencerita (2011), The Naked Traveler 3 (2011), The Naked Traveler 4 (2012), TraveLove, Dari Ransel Turun ke Hati (antologi) (2012), The Naked Traveler, Across the Indonesian Archipelago (terbitan bahasa Inggris) (2013), The Naked Traveler Anthology (2014), The Naked Traveler: 1 Year Round-The World Trip Part 1 (2014), The Naked Traveler: 1 Year Round The Wrold Trip Part 2 (2014), The Naked Traveler Anthology: Horror (2015), The Naked Traveler 7 (2016), 69 Cara Traveling Gratis (2018), dan The Naked Traveler 8: The Farewell (2019), sedangkan buku Trinity yang telah diadaptasi menjadi film, yaitu Trinity The Nekad Traveler - Tujuh Bintang Sinema pada Maret 2017 dan Trinity Traveler pada tahun November 2019 oleh Starvision.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow