Jangan Khawatir Nggak Bisa Olahraga, Ini Dia Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa!

Jangan Khawatir Nggak Bisa Olahraga, Ini Dia Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Walaupun lagi puasa, kamu tetap bisa olahraga, lho! Tapi, kamu perlu menjaga beberapa hal untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan selama menjalani puasa. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga, yaitu saat sebelum berbuka puasa atau setelah makan sahur. Hindari berolahraga saat cuaca terlalu panas atau saat kamu merasa lemah.

Kamu juga bisa memilih olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani tubuh, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga. Hindari olahraga yang terlalu intens atau memerlukan banyak energi. Pastikan untuk minum cukup air saat berbuka puasa dan sahur untuk menjaga hindrasi tubuh kamu. Hindari minuman yang berkafein dan gula yang tinggi. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup antara sesi berolahraga dan waktu berbuka puasa dan sahur.

Nah, kali ini Jalan-Jalan.com akan kasih kamu rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa. Simak rekomendasinya di bawah ini, ya.

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang ringan namun efektif yang bisa dilakukan saat bulan puasa. Kamu bisa melakukan jalan santai di sekitar lingkungan kamu setelah berbuka atau sebelum sahur. Hindari berjalan kaki saat cuaca terlalu panas untuk menghindari dehidrasi.

Pilihlah rute berjalan kaki yang aman, seperti area dengan trotoar yang luas dan terang. Hindari daerah yang terlalu sepi atau terpencil. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman serta sepatu yang sesuai untuk berjalan kaki. Pastikan untuk menggunakan pelindung matahari dan topi jika berjalan di bawah sinar matahari langsung.

Mulailah dengan kecepatan yang lambat dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu. Dengarkan tubuh kamu kalau sedang merasa lelah dan nggak nyaman.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan bisa dilakukan saat bulan puasa. Kamu bisa bersepeda di sekitar lingkungan kamu atau memilih untuk bersepeda statis di rumah jika lebih nyaman.

Sebaiknya kamu bersepeda di waktu pagi atau sore sebelum berbuka puasa. Pastikan untuk minum cukup air saat berbuka puasa dan sahur untuk menjaga hidrasi tubuh. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan keamanan, seperti helm dan lampu reflektor saat bersepeda di malam hari. Jangan lupa juga untuk tetap patuhi aturan lalu lintas dan berhati-hati saat melewati jalan raya.

3. Berolahraga Kardio Ringan

Beberapa olahraga kardio ringan, seperti jogging ringan, berlari di tempat, atau melompat tali bisa menjadi pilihan yang baik saat bulan puasa. Pastikan untuk berolahraga dengan intensitas yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu dan hindari melakukan olahraga yang terlalu berat.

4. Yoga atau Stretching

Yoga atau stretching merupakan pilihan olahraga yang baik untuk menjaga fleksibilitas dan kesehatan mental kamu selama bulan puasa. Latihan ini membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan releksasi.

Cari tempat yang tenang dan nyaman di rumah kamu untuk bebas dari gangguan ketika melakukan yoga atau stretching. Pastikan ruang tersebut memiliki ventilasi yang baik untuk menjaga udara tetap segar. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat untuk menjaga kenyamanan kamu. Gunakan matras yoga atau alas yang sesuai untuk melindungi dan menopang tubuh kamu saat melakukan gerakan yoga atau stretching di lantai.

5. Olahraga di Rumah

Terdapat banyak video latihan olahraga di rumah yang tersedia secara online yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih berbagai latihan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, antara lain skipping, push up, sit up, plank, squat, burpees, mountain climbers, lunges, dips, russian twits, leg raises, yoga, pilates, dan jumping jacks.

Pastikan untuk memilih olahraga yang sesuai dengan tingkat kebugaran kamu.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat