Tips Tetap Optimal Saat Bekerja dari Rumah (WFH)

Tips Tetap Optimal Saat Bekerja dari Rumah (WFH)

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Bekerja dari rumah (WFH) telah menjadi tren yang semakin populer, terutama setelah munculnya pandemi COVID-19. Bekerja dari rumah memungkinkan individu untuk mengatur waktu kerja mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Mereka dapat memilih jam kerja yang lebih sesuai dengan ritme tubuh mereka dan mengatur jadwal kerja dengan lebih fleksibel. Selain itu, ketika bekerja dari rumah, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk melakukan perjalanan ke kantor. Ini memungkinkan kamu untuk menghemat waktu dan ruang yang sebelumnya digunakan untuk transportasi. Selain itu, bekerja di rumah memberikan kesempatan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan pribadi. Kamu dapat menyesuaikan ruang kerja kamu sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas dalam bekerja.

Yang terpenting, bekerja dari rumah bisa bikin kamu menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Kamu jadi punya fleksibilitas untuk mengatur waktu istirahat, olahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa harus meninggalkan rumah.

Nah, kali ini, Jalan-Jalan.com akan ngasih kamu tips supaya tetap optimal saat bekerja dari rumah atau WFH. Simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Tetap Buat Rutinitas

Walaupun kamu bekerja dari rumah, sebaiknya kamu tetap membuat jadwal kerja yang tetap dan membuat rutinitas harian. Mulailah dan akhiri pekerjaan pada waktu yang sama setiap hari untuk menjaga konsistensi. Jangan kebiasaan menunda pekerjaan walaupun bekerja dari rumah karena pekerjaan yang menumpuk akan bikin kamu stress. Menjaga rutinitas saat bekerja dari rumah (WFH) sangatlah penting untuk menjaga produktivitas dan menghindari stres berlebih. Cobalah untuk bangun pada waktu yang konsisten setiap hari. Hal ini menjaga pola tidur sehat dan mempersiapkan kamu untuk memulai hari dengan energi yang baik.

2. Tetap Berpakaian Layaknya di Kantor

Walaupun lagi WFH, kamu bisa tetap berpakaian layaknya pergi ke kantor. Walaupun terkesan agak ribet, tapi hal ini bisa membantu kamu membedakan antara waktu kerja dan waktu santai. Well dressed ketika bekerja juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu dan menghindari demotivasi.

3. Atur Waktu

Tantangan terbesar ketika WFH adalah mengatur waktu. Sangat penting untuk menetapkan batas antara waktu kerja dan istirahat. Jangan lupa untuk istirahat sejenak dan melakukan aktivitas lainnya, seperti berjalan-jalan sebentar atau work out ringan.

Dengan mengatur waktu dengan baik, kamu bisa fokus kepada pekerjaan yang penting dan mendesak, mengurangi menunda pekerjaan, dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini bisa membantu kamu untuk tetap produktif walaupun WFH.

Tanpa pengaturan waktu yang baik, kamu bisa bekerja terlalu keras atau terlalu lama yang menyebabkan kelelahan dan burnout. Walaupun WFH, kamu tetap harus istirahat yang cukup dan menjaga keseimbangan hidup dan kerja yang sehat.

4. Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

Pastikan kamu tetap terhubung dengan rekan kerja atau atasan melalui gadget, seperti email, WhatsApp, telepon, atau media lainnya. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau klarifikasi bila diperlukan.

5. Tetap Fokus

Tetap fokus bekerja dan hindari gangguan seperti media sosial atau gangguan lainnya selama jam kerja. Gunakan teknik manajemen waktu, misalnya teknik podomoro untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kamu.

6. Sesekali Self Reward

Setelah melakukan banyak pekerjaan yang bikin kamu lelah, jangan lupa untuk sesekali self reward. Hal tersebut bisa meningkatkan motivasi dan mempertahankan semangat bekerja kamu walaupun dari rumah.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat