Beberapa Tempat Penuh Sejarah di Padang

Beberapa Tempat Penuh Sejarah di Padang

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Padang merupakan kota yang kaya akan sejarah dan memiliki warisan budaya yang beragam. Padang merupakan bagian dari sejarah kerajaan terbesar di Sumatera pada masa lalu. Sejak saat ini, masih dapat ditemukan di sekitar Padang, termasuk istana-istana kuno dan situs situs sejarah lainnya. 

Seperti banyak kota di Indonesia, Padang juga memiliki warisan sejarah dari masa penjajahan Belanda. Benteng-benteng Belanda, bangunan kolonial, dan jalan-jalan tua masih dapat ditemui di berbagai kota, seperti di sekitar pantai Padang dan pusat kota.

Sebagai kota terbesar di wilayah barat Sumatera, Padang juga memiliki peranan penting dalam sejarah nasional. Kota ini menjadi tempat berbagai peristiwa penting, termasuk tempat lahirnya beberapa tokoh sejarah nasional, serta menjadi saksi perkembangan politik dan sosial di Indonesia.

Nah, kali ini, Jalan-Jalan.com akan bahas beberapa tempat yang penuh sejarah di Padang. Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman (Sumber: Website Tripadvisor)

Museum Adityawarman didirikan pada tahun 1977 dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1981. Museum ini awalnya dijadikan sebagai museum arkeologi dan sejarah untuk menyimpan dan memamerkan koleksi artefak dan benda benda bersejarah dari wilayah Sumatera Barat. Museum Adityawarman memiliki koleksi yang kaya dan bervariasi, termasuk artefak-artefak arkeologi, benda-benda sejarah, seni dan kerajinan tangan, serta benda-benda atau grafik yang merepresentasikan kehidupan dan budaya masyarakat Minangkabau. Koleksi museum ini mencakup berbagai benda, seperti batu nisan kuno, peralatan rumah tangga tradisional, senjata, tekstil, dan patung-patung.

Museum Adityawarman memiliki beberapa ruang pameran tetap menampilkan berbagai aspek kehidupan dan budaya Minangkabau. Pameran tersebut mencakup topik seperti sejarah Minangkabau, arsitektur tradisional, kehidupan sehari-hari, seni pertunjukan, dan adat istiadat. Selain pameran tetap, museum ini juga sering mengadakan pameran pameran yang menampilkan koleksi koleksi khusus atau tema tema tertentu, misalnya seni rupa, fotografi, kerajinan tangan, atau tema-tema sejarah dan budaya lainnya.

Museum Adityawarman adalah tempat yang penting bagi pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Sumatera Barat, serta menghargai warisan budaya yang kaya dari masyarakat Minangkabau.

2. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (Sumber: Website Jalajah Nagari Awak)

Museum Bank Indonesia yang ada di Padang merupakan bangunan tua yang dulu beroperasi sebagai bank. Dahulu, bangunan ini digunakan Belanda sebagai kantor DJB Agentschap cabang Padang. Museum Bank Indonesia di Padang sudah berdiri sejak tahun 1884. Setelah Indonesia merdeka, gedung yang tadinya merupakan hak milik Belanda dialihfungsikan sebagai Bank Indonesia. Namun, sayangnya, gedung ini berhenti beroperasi di tahun 1977. Oleh karena itu, kini bangunan tersebut menjadi Museum Bank Indonesia.

3. Balai Kota Padang

Balai Kota Padang (Sumber: Website Pemerintah Kota Padang)

Sejarah Balai Kota Padang dapat ditelusuri kembali ke masa penjajahan Belanda di Indonesia. Bangunan ini awalnya dibangun pada awal abad ke-20 sebagai pusat administrasi pemerintah kolonial Belanda di kota ini. Seiring berjalannya waktu, bangunan ini direnovasi dan diperluas untuk kebutuhan pemerintahan yang semakin berkembang.

Balai Kota Padang memiliki nilai historis yang sangat penting sebagai peninggalan arsitektur kolonial Belanda di Indonesia. Bangunan ini secara tidak langsung menjadi saksi banyak peristiwa sejarah dan perkembangan Kota Padang dari masa ke masa. Selain itu, balai ini menjadi simbol kekuasaan dan otoritas pemerintahan di Kota Padang.

Bangunan Balai Kota Padang memiliki arsitektur yang megah dan elegan, mencerminkan gaya kolonial Belanda yang kental. Bangunannya terdiri dari beberapa lantai dengan atap bertingkat, dan terkadang dilengkapi dengan menara jam di salah satu sisinya.

4. Masjid Muhammadan

Masjid Muhammadan (Sumber: Website Pemerintah Kota Padang)

Masjid Muhammadan merupakan masjid bersejarah di Kota Padang. Masjid ini terletak di pusat Kota Padang, tepatnya di Jalan Barang Arau, Kelurahan Padang Barat, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Masjid Muhammadan didirikan pada tahun 1900 oleh komunitas Muslim India yang tinggal di Padang pada saat itu. Pembangunan masjid ini didukung oleh para pedagang dan pelaut India yang menetap di kota ini. Seiring berjalannya waktu, masjid ini direnovasi untuk memperluas kapasitas dan meningkatkan fasilitasnya.

Masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kegiatan ibadah dan sosial masyarakat, termasuk ruang sholat utama, aula, ruang kelas, ruang rapat, perpustakaan, dan kantor administrasi. Masjid ini juga memiliki fasilitas wudhu yang luas dan bersih, serta ruang parkir untuk jamaah yang berkunjung.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat