Tak Hanya Pempek, Palembang Juga Punya Banyak Makanan Khas yang Enak dan Nikmat!

Tak Hanya Pempek, Palembang Juga Punya Banyak Makanan Khas yang Enak dan Nikmat!

Smallest Font
Largest Font

Jalan-Jalan.com - Pempek merupakan salah satu makanan khas Palembang yang sangat populer dan terkenal di Indonesia. Pempek terbuat dari adonan ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu, garam, dan air. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi berbagai macam bentuk, seperti telur, lenjer, atau kapal selam, sebelum direbus atau digoreng. Pempek disajikan dengan kuah cuka pedas dan ditambahkan dengan ebi atau bubuk udang kering untuk memberikan cita rasa gurih. Beberapa variasi pempek yang populer adalah pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek adaan. Walaupun Palembang terkenal dengan pempek-nya, tetapi Palembang punya banyak kuliner yang enak dan nikmat lho! Kali ini, Jalan-Jalan.com akan bahas berbagai kuliner yang berasal dari Palembang. Simak informasinya di bawah ini, ya!

1. Tekwan

Tekwan (Sumber: Website Detail Kuliner)

Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari adonan ikan tenggiri yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang hingga matang. Tekwan memiliki rasa gurih dan sedikit pedas, biasanya disajikan dengan kuah cuka atau sambal. Di palembang, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan tekwan enak, yaitu:

a) Pempek dan Tekwan Lince

Pempek dan Tekwan Lince merupakan tempat wisata kuliner yang menawarkan berbagai varian pempek dan tekwan. Tempat ini memiliki cabang yang berasal dari berbagai daerah di Palembang.

b) Warung Tekwan Mang Dayat

Warung Tekwan Mang Dayat merupakan tempat wisata kuliner yang menawarkan berbagai varian tekwan. Warung ini menawarkan cita rasa yang gurih dan segar, serta rasanya yang "ngikan" banget. Tekwan biasanya dipadukan dengan mie putih, potongan jamur kuping, bawang goreng, dan juga irisan bengkoang.

c) Tekwan dan Model Bik Beng

Tekwan dan Model Bik Beng merupakan tempat wisata kuliner yang menawarkan berbagai varian tekwan dan model. Kedai ini dibuka mulai pukul 07.00-20.00.

2. Laksan

Laksan (Sumber: Website Fimela)

Laksan merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung sagu dan ikan, disajikan dengan kuah santan berwarna merah. Berikut beberapa tempat yang menjual laksan enak di Palembang:

a) Rumah Makan Linggau

Rumah makan ini menjual laksan yang enak dan otentik. Rumah makan ini berlokasi di Simpang Empat, Jalan Radial Palembang. Selain pindang, menu lain yang recommended antara lain Bringkes Patin dan Pepes Ikan Peda.

b) Pempek Vico

Selain menjual pempek, Pempek Vico menjual laksan enak di Palembang. Tempat makan laksan ini terletak di Jalan Letkol Iskandar, Palembang.

3. Mie Celor

Mie Celor (Sumber: Website Kecipir)

Mie celor merupakan hidangan khas Palembang yang disuguhkan dengan kuah santan ebi dengan tambahan telur, tauge, udang, dan kucai. Mie celor sangat populer di Palembang dan cocok dinikmati oleh pecinta mie. Berikut merupakan rekomendasi tempat makan mie celor enak di Palembang:

a) Mie Celor 26 Ilir Hm. Syafei

Tempat ini merupakan tempat makan mie celor paling populer di Palembang. Terletak di tengah kota, akses menuju ke tempat inu sangat mudah. Mie yang dipakai dalam membuat mie celor adalah mie kuning yang disiram dengan kuah kental yang gurih. Kuahnya terbuat dari campuran kaldu udang dan santan kental. Ketika disajikan, mie akan diberikan tambahan udang, tauge, dan bawang goreng.

b) Mie Celor Poligon

Mie Celor Poligon merupakan  tempat makan mie celor yang terkenal dan populer di Palembang. Mie Celor Poligon terletak di kawasan Bukit Sejahtera, Poligon. Mie Celor Poligon buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi dan tidak pernah sepi pembeli. Seporsi mi celor ukuran kecil dijual seharga Rp15.000 dan ukuran besarnya dijual seharga Rp20.000. Kamu bisa memesan ekstra mi jika porsinya dirasa kurang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan udang untuk menambah kenikmatan.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat